Penyebab dan cara mengatasi tidak ada suara atau audio pada konferensi Zoom
pada handphone maupun pada perangkat komputer maupun laptop.
Saat ini, Zoom merupakan salah satu aplikasi video conference yang bisa
dibilang paling populer saat ini termasuk Indonesia. dengan aplikasi ini
pengguna diberikan kemudahan untuk bertatap muka dengan banyak orang secara
online.
Sejak adanya himbauan pemerintah bagi para pekerja untuk bekerja dari rumah
atau Work From Home, maka aplikasi - aplikasi video conference mulai banyak
digunakan, dan salah satu yang paling banyak digunakan adalah aplikasi Zoom.
Namun yang sering dikeluhkan oleh penggunanya pada aplikasi video conference
Zoom ini, adalah pada masalah output audio atau suara yang terkadang tidak
terdengar.
Masalah audio memang merupakan masalah yang sering terjadi pada aktivitas
video conference, tak terkecuali pada aplikasi Zoom.
Namun, Tahukah anda bahwa semua aplikasi video conference termasuk Zoom
memiliki setelah audio yang dapat di atur dan difungsikan oleh penggunanya
dalam mengatur sistem audio ketika melakukan video conference.
Sebelum melakukan setingan pada aplikasi, sebaiknya periksa dulu penunjang
eksternal yang akan anda gunakan seperti headset atau earphone, pastikan
penunjang ini berfungsi dengan baik.
Lakukan juga pemeriksaan terhadap audio laptop atau handphone, pastikan
speaker pada perangkat berfungsi dengan baik.
Selanjutnya yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah, mengenali sebab
terjadinya masalah pada audio Zoom tersebut.
Ada beberapa masalah yang menyebabkan tidak keluarnya suara atau audio pada
aplikasi Zoom diantaranya adalah:
Join Audio Otomatis
Salah satu faktor dari beberapa faktor yang dapat menyebabkan tidak ada suara
pada aplikasi Zoom adalah tidak aktifnya fitur Join Audio.
Untuk mengatasi masalah ini, cukup dengan mengaktifkan fitur tersebut, yakni
mengaktifkan fitur Join Audio Automatically.
Lakukan pengaturan atau setting untuk audio baik itu volume speaker maupun
microphone melalui menu Audio.
Mute dalam Meeting
Fitur Mute biasanya digunakan oleh Host, yang berfungsi untuk menonaktifkan
audio peserta yang ada, sehingga audio pembicara dapat terdengar secara fokus
dan tidak terganggu oleh suara peserta lainnya.
Bug Pada Aplikasi
Aplikasi yang sering digunakan akan menghasilkan berkas cache atau sampah yang
cukup banyak, yang dapat menyebabkan error atau beberapa fungsi pada
aplikasi tidak akan berjalan dengan normal, salah satunya terganggunya sistem
audio.
Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya membersihkan cache pada aplikasi atau
membersihkan sampah pada handphone atau perangkat komputer yang anda gunakan.
Lakukan restart terhadap aplikasi Zoom dan login kembali pada ruang meeting
atau conference yang sebelumnya sedang anda ikuti.
Demikian beberapa penyebab dan cara dalam mengatasi masalah yang sering
mengakibatkan suara atau audio pada aplikasi Zoom tidak terdengar.